MENULIS HURUF ARAB DI KOMPUTER PROGRAM MICROSOFT WORD

Kurang lebih ada 13 ayat dalam Al Quran yang menyebutkan bahwa kitab tercinta ini ditulis dalam bahasa dan tulisan Arab. Sungguh, ini merupakan motivasi besar bagi generasi Qurani untuk lebih giat dalam mengenal tulisan dan bahasa Arab dallam rangka memudahkan pemahaman agama yang mulia ini.
Rekan-rekan, alangkah lebih sempurnanya apabila kita tak hanya mampu membaca bahasa Al Quran tetapi juga pandai menuliskannya, setuju bukan?
Salah satu cara agar kita mampu menulis dan mengolah ayat-ayat yang maha indah ini adalah dengan menggunakan komputer. Selain dapat dicetak di atas media lain, tulisan ini pun bisa disimpan sebagai dokumen atau data pada sebuah web internet.
Bagi anda pencinta windows, pasti sudah terbiasa mengolah tulisan dengan wordPad, NotePad, atau Microsoft Word. Menulis dengan huruf latin adalah biasa. Tetapi ketika akan menulis dengan huruf Arab, misalnya ayat Al Quran, hadis Nabi, atau tulisan Arab lainnya, akan muncul kesulitan karena anda belum tahu bagaimana cara menulis atau mengetiknya.
Untuk keperluan ini, dibutuhkan system operasi windows 98/ME versi Arabic. Windows ini ada 2 jenis, yaitu localized dan Enabled.
Memilih versi Localized berarti menginginkan komputer kita memakai tulisan, tampilan antar muka (interface), dan menu dengan bahasa Arab.
Bila kita memilih versi Enabled maka komputer tetap dalam tulisan dan bahasa inggris dengan dukungan (support) penggunaan bahasa Arab.

Perhatikan:
Ketika melakukan pengisian program (instalasi) windows 98/ME dapat dilakukan dengan dua cara. Pertama, dengan format hardisk (Berhati-hatilah karena anda akan kehilangan semua data. Simpanlah (backup) data lebih dahulu). Kedua, dengan meng-upgrade (dengan cara ini data akan lebih aman).
Untuk mengetik, sangat diperlukan keybord Arabic. Hampir semua toko atau خutlet penjual peralatan komputer menyediakannya dengan harga yang tidak jauh berbeda dengan keybord biasa. Atau ada cara lain, tempelkan sticker huruf arab pada huruf-huruf di keybord kita.

(Perhatikan gambar).
Gambar 1.1

Tampilan “Shift”
Gambar 1.2

Atau bagi anda pengguna windows Xp bisa gunakan On-Screen Keyboard. Caranya:
1. Buka Start > Program > Accessories > Accesibility. K
2. lik On Screen keyboard
Maka akan tampil seperti gambar berikut:
Gambar 1.3

Dengan teknologi komputer sekarang, hal ini bukanlah sesuatu yang sulit. Sebagian besar perangkat lunak pengolah kata mendukung penulisan huruf Arab, terutama (mungkin) yang paling banyak dipakai seperti MS-Office dan Open Office. Tinggal pilih ganti font, buka menu help untuk melihat alfabet Arab di papan ketik, kemudian mulai menulis. Tapi, bagaimana kalau kita hendak menuliskannya dalam email atau sedang chatting dengan IM, atau menulis di blog?
Solusinya adalah mengaktifkan huruf Arab pada papan ketik yang biasa kita pakai. Dengan demikian, di manapun anda menulis anda bisa memilih huruf latin atau huruf Arab. Caranya?
Bagi mesin yang memakai Linux mungkin tidak banyak masalah — bagi yang ahli tentunya (dan saya belum ahli), hehe. Berikut cara pengaktifan huruf Arab pada mesin yang memakai MS-Windows XP. Beruntung bagi pemakai windows XP. Penggunaannya lebih mudah sebab sudah menyediakan fasilitas Multilanguage. Dalam proses instalasi stndar biasanya belum mencakup bahasa arab. Cara menambah fasilitas Arabic Language adalah dengan:
1. Buka Start > Setting > Control Pannel > Region and Language Options.
2. Pilih tabulasi Languages.
3. Klik pilihan Install files for complex script and right-to-left languanges (including Thai).

Gambar 1.4
4. Klik Apply. Sistem akan meminta anda untuk memasukkan CD instalasi MS-Windows XP. Dalam kasus saya, file yang diminta sistem berada pada folder \I386.
5. Kembali ke tabulasi Languages di menu Region and Language Options. Klik Details.
6. Klik Add… dan kemudian membahkan (Add)model keyboard huruf Arab lalu klik OK. Anda bisa memilih huruf Arabic (Saudi Arabia).

Gambar 1.7

Jika ingin mengetik dalam Microsoft Word, kita tinggal mengganti model Keyboard saja seperti 2 cara di atas. Bila ingin menambah inisial pemakaian huruf arab, pergunakan:

Fathah SHIFT + Q
Fathah ~ SHIFT + Z
Kasroh SHIFT + A
Dhomah SHIFT + E
Fathah tanwin SHIFT + N
Kasroh tanwin SHIFT + S
Dhomah tanwin SHIFT + R
Tasdid SHIFT + ~
Sukun SHIFT + X

Selain solusi Windows, sebenarnya ada beberapa program untuk menulis Arab yang instant, bisa langsung dipakai secara mandiri. Kemudahannya adalah kita tinggal menekan tampilan tombol keyboard di layar dengan mouse, kemudian akan muncul hasilnya di layar editor. Salah satunya ialah program Parsnegar, Ns Khot dan Keyboard Arabic. Nanti akan dijelaskan satu persatu ke tiga program ini. Insya Allah.
Contoh hasil pengetikan menggunakan MS Word:

بِسْــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَـــــنِ الرَّحيــــــــمِ

كُلُّ مَوْلُودٍ يُولَـَدُ عَلـَي الـْفِطْرَةِ, فـَأبَوَاهُ يُهَوِّدَانِهِ أوْيُـنَصِّرَانِهِ أوْيُمَجِّسَانِهِ كَمَا تُنْتـَـجُ الْبَهِيْمَةُ بَهِيْمَــةً جَمْعَاءَ, هَلْ تُحِسُّونَ فِيهَامِنْ جَدْعَاء؟ ثُمَّ يَقولُ أبُوهُرَيرَةَ : وَاقْرَأوا إنْ شِءْتُمْ: [فِطْرَةَ اللّهِ الــَّتِي فَطَرَالـّنَاسَ عَلَيْهَا لاََ تَبْدِيْلَ لِخَلْقِ اللَّهِ, ذَلِكَ الدِّيْنُ الــْقَيِّمُ وَلَكــِنَّ أكْثَــَرَالــنَّــاسِ لايَعْلــَمُونَ]
( رواه البخاري )

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s